Virus teratas

Posted: 21 Januari 2008 in Virus
Tag:

Inilah 10 virus yang banyak dilaporkan menyebar di Indonesia selama periode Desember 2007-Januari 2008. Visual Basic masih menjadi bahasa pemrograman favorit para pembuat virus, diikuti oleh Script/VBScript, dan beberapa menggunakan Delphi.

Berada di urutan pertama, sekaligus telah membuat gebrakan adalah virus Tati. Ia tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuatnya naik daun berada di puncak urutan atas. Bahasan lengkap virus ini bisa Anda baca pada rubrik virus, majalah PC Media edisi 02-2008. Inilah daftar selengkapnya:

Tati
1. Tati
Virus sederhana berbasis script, dibuat menggunakan AutoHotKey, program semacam automation script. Tidak menggunakan teknik yang canggih-canggih. Hanya berkamuflase dengan menggunakan icon mirip folder standar Windows. Pada root drive komputer terinfeksi, akan terdapat file teks yang berisi pesan dari si pembuat virus dengan nama tati.my.love.txt.

WindX
2. Windx
Dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, background dari folder Windows akan diubah, sehingga menampilkan sesosok kartun Jepang. Pada varian barunya, wallpaper Desktop pun akan ia ubah juga.

GetRaw
3. GetRaw
Dibuat menggunakan Visual Basic. Dalam tubuhnya, ia memiliki beberapa file pendukung virus lainnya, yang juga dalam bentuk executable. Icon dari file pendukung ini bermacam-macam, mulai dari icon mirip file .pdf (Adobe Acrobat), mp3 (WinAmp), dan lain-lain. Pada file properties virus ini, akan terdapat tulisan GetRaw.

Aksika
4. Aksika
Dibuat menggunakan Visual Basic. Karena source code virus ini banyak sekali ditemukan di Internet, jadi siapapun bisa mengubah-nya dan meng-compile ulang sehingga menjadi sebuah varian baru. Varian pertama menggunakan icon folder dalam penyamarannya, dan biasanya akan terdapat file teks dengan nama puisi.txt yang berisi pesan dari sang pembuatnya. Ia pun dapat menginfeksi flash disk dengan membuat file autorun.inf.

Kalong.vbs.B
5. Kalong.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Selain menciptakan file autorun.inf pada flash disk agar dapat running otomatis, caption dari Internet Explorer pun akan diubah menjadi “:: X2 ATTACK ::” saat terinfeksi virus ini. Selain itu, pada saat logon, Windows akan menampilkan kotak informasi yang bertuliskan “KOMPUTER ANDA ADA KEYBOARDNYA!!”.

SlowButSure.vbs
6. SlowButSure.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Ia menciptakan file autorun.inf yang sudah dirancangnya pada flash disk, sehingga dapat running otomatis saat mengakses drive flash disk. Pada caption Internet Explorer akan terdapat tulisan “Hacked by Zay” atau pada varian lain “Hacked by Godzilla”. Dan pada System Propertis komputer korban, informasi Registered Owner akan menjadi “r4n694-24y”, dan untuk Registered Organization akan menjadi “Don’t Panic, System anda sudah kami ambil alih !”.

KSpoold
7. KSpoold
Dibuat menggunakan Delphi. Virus yang bisa running dalam bentuk “services” dan menggunakan teknik DLL Injection ini dapat menginfeksi file .doc dan .xls. Selain itu ia dapat merusak file-file database seperti .mdb, .ldf, dll.

Ezrael.vbs
8. Ezrael.vbs
Dibuat menggunakan VBScript (.vbs). Dapat menyebar cepat ke setiap drive yang ada di komputer korbannya. Pada komputer terinfeksi, caption dari Internet Explorer akan menampilkan kata-kata yang mencaci-maki negara lain. Atau jika dilihat pada source code virus ini, akan terdapat string “do u still remember dis day us_3?“.

Virus GameCape
9. GameCape
Dibuat menggunakan Visual Basic. Hadir dengan icon bergambar seorang anak kecil. Dalam aksinya ia akan membuat salinan tubuhnya pada setiap drive yang terdapat dalam komputer Anda, bahkan Flash Disk. Jadi, pada root drive akan terdapat 3 file baru yakni Game-C4P3_D3H.exe, Autorun.inf dan MSVBVM60.dll. Selain itu, ia pun akan menggantikan beberapa program atau tool bawaan Windows seperti Task manager dan Regedit dengan Notepad. Jadi setiap Anda mencoba menjalankan aplikasi tersebut yang muncul adalah Notepad.

Fast Firus Engine
10.Gen.FFE

Program Virus Generator Gen.FFE (Fast Firus Engine) ini dibuat menggunakan Visual Basic. Virus hasil generate-nya biasanya ber-icon-kan mirip folder Windows. Saat terinfeksi, biasanya ia menciptakan file dengan nama ‘baca euy.txt‘ yang berisi pesan dari si pembuat virus.

Komentar
  1. ikon mengatakan:

    ******
    $d476 akorde mos terdo.
    //http://or.im.farter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s