Planet Kerdil Kelima Diberi Nama Haumea

Posted: 9 Oktober 2008 in Blogroll
Tag:

Jajaran planet kerdil di tata surya kembali bertambah dengan dimasukkannya obyek baru yang diberi nama Haumea. Obyek yang ditemukan pertama kali pada tahun 2005 berada di satu kawasan dengan Pluto.

Haumea diambil dari nama dewa Bumi dan kesuburan yang diyakini penduduk asli Hawaii. Nama tersebut dipilih Himpunan Astronomi Internasional (IAU) dalam kongres terakhir di Paris, minggu lalu. Obyek tersebut merupakan planet kerdil kelima setelah Pluto, Ceres, Eris, dan Makemake.

Planet kerdil merupakan kelompok baru yang ditetapkan IAU untuk mendefinisikan obyek yang tidak masuk dalam jajaran planet. Definisi tersebut ditetapkan sejak dua tahun lalu setelah IAU mengeluarkan Pluto dari kelompok planet di tata surya. IAU sempat mengganti istilah planet kerdil dengan plutoid, tapi urung menggunakannya.
Tidak seperti Pluto yang cenderung bulat, Haumea memiliki bentuk loncong seperti telur. Para astronom menduga bentuk tersebut disebabkan rotasinya yang relatif cepat akibat tumbukan obyek lainnya di masa lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s