Setelah Tsunami Akan Ada Mega Tsunami

Posted: 2 November 2008 in Blogroll
Tag:, ,

Bencana Tsunami yang menyerang daerah Aceh, dan sebagian negara di Asia pada Desember 2004 merupakan bencana yang terbesar dalam sejarah, hempasan gelombang laut tersebut mampu memporak-porandakan ratusan bangunan, dan menewaskan ribuan manusia. Tapi tahukah bahwa tsunami tersebut bukan yang terakhir terjadi, karena nanti diperkirakan akan terjadi tsunami 4 kali lebih besar dari yang terjadi 4 tahun lalu itu.

Satu tim yang sedang melakukan penelitian di Indonesia dan Thailand mengungkapkan bahwa tahun 2004 bukanlah bencana tsunami yang terakhir, 600 sampai 700 tahun mendatang para peneliti itu memperkirakan akan ada bencana yang lebih besar yang disebut Mega-Tsunami.

“Tsunami adalah sesuatu kita tidak bayangkan sebelum dan setelah tahun 2004, dan kita berpikir peristiwa itu tidak akan terulang lagi,” ujar Kruawun Jankaew, salah satu peneliti dari Universitas Chulalongkom Thailand, seperti yang diberitakan Reuters, Kamis (30/10/2008).

“Tetapi dari situ kami telah memperkirakan bahwa kita akan diserang oleh mega tsunami. Jadi, mulai dari sekarang ini bisa menjadi perhatian bagi warga dunia, agar terus mewaspadai tsunami, dan mempelajarinya,” imbuh Jankaew lagi.

Pada tahun 2004 lalu tsunami telah menewaskan sekira 23 ribu orang, serta menghilangkan bagian beberapa daerah di Asia, mulai dari Sri Lanka, India, lalu Thailand, Maladewa, dan Indonesia. Dan 170 ribu orang merupakan korban dari Aceh.

Para peneliti tersebut menyelidiki daerah di dataran rendah diantara punggung bukit pantai yang mereka sebut “Swales” untuk mengetahui tahapan tsunami itu terjadi. Dan hasilnya mereka menemukan lapis pasir bawah paling baru dari 600 sampai 700 tahun yang lalu.

Sekarang para peneliti berusaha untuk menemukan luar skala itu pada malapetaka yang terjadi 700 tahun yang lalu. Menurut perkiraan mereka, siklus ini akan terjadi lagi pada 600 sampai 700 tahun mendatang, dengan kekuataan yang lebih besar.

Sangat sedikit orang yang hidup terus di pantai yang secara natural tahu akan kedatangan tsunami, seperti kuat merasakan berguncang di Aceh dan mundurnya air samudra dari garis pantai seperti yang diamati di Thailand.

Penelitian ini belum bisa memastikan secara gambalang daerah mana saja yang terkena bencana mega tsunami ini. Namun mereka mengingatkan kehidupan di pantai jauh lebih rawan terkena mega tsunami, walaupun tidak mustahil bisa menerjang hingga kota. Apalagi, 700 tahun mendatang struktur permukaan bumi akan terus berubah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s