2010, Jepang Kirim Astronot Wanita Kedua

Posted: 13 November 2008 in Blogroll
Tag:

Astronot wanita asal Jepang, Naoko Yamazaki akan menjadi wanita kedua Jepang yang menjalankan misi ke luar angkasa. Wanita berusia 37 tahun itu juga akan menjadi seorang ibu yang pertama menjalankan misi luar angkasa.

Seperti dilansir AFP, Rabu (12/11/2008), Yamazaki terpilih menjadi anggota kru pesawat ulang alik antariksa Atlantis yang akan menjalankan misinya Februari 2010. Badan anatriksa Jepang (JAXA) mengatakan sebelumnya wanita jepang, Chiaki Mukai menjadi wanita pertama Jepang yang menjalankan misi ke luar angkasa tahun 1994 dan 1998.

“Saya sangat bangga dapat berperan serta dalam misi itu, dan saya berharap misi tersebut akan sukses,” kata ibu seorang anak berusia enam tahun itu.

Selama kurang lebih sembilan tahun menunggu, akhirnya Yamazaki terpilih menjadi awak pesawat antariksa Atlantis. Rencananya Yamazaki akan mengoperasikan robot di stasiun Antariksa Internasional (ISS).Pencapaian Yamazaki merupakan prestasi terbaik bagi perempuan Jepang yang dinilai masih sering dipinggirkan di segala bidang termasuk bisnis dan politik.

“Ambisi saya berikutnya adalah pergi ke bulan, jika Jepang jadi mengirimkan astronotnya ke bulan 2020 mendatang, saya berharap dapat ikut misi itu,” ujarnya.

Yamazaki mengisahkan, keinginannya menjadi astronot diinspirasi oleh peristiwa meledaknya pesawat antariksa Challenger yang disiarkan langsung di televisi tahun 1986. Peristiwa tersebut menewaskan semua awak yang berjumlah tujuh orang.

Pesawat antariksa atlantis dijadwalkan berangkat pada Februari 2010. Misi tersebut akan melanjutkan pengiriman berbagai fasilitas riset ke yang berada di ISS.

Astronot Jepang lain juga akan dikirim ke ISS adalah Soichi Noguchi yang dirncanakan akan tinggal di ISS mulai November 2009 dan akan tinggal selama enam bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s