Antivirus AVG Bikin Crash

Posted: 13 November 2008 in Internet, Komputer, Software, Teknologi
Tag:, , , ,

Serba salah deh. Jika tidak pasang antivirus, komputer kita rentan serangan virus. Namun pasang antivirus pun belum tentu aman, sementara kinerja komputer sudah pasti melambat saat antivirus bekerja.

Akan tetapi karena mencegah lebih baik daripada mengobati, memang sebaiknya kita memasang program antivirus. Dan biasanya antivirus – khususnya yang ternama – bekerja dengan baik. Sayangnya sebuah scanner antivirus gratis yang cukup terkenal, AVG, baru-baru ini justru menciptakan masalah bagi penggunanya.

Program antivirus itu keliru mendeteksi user32.dll – sebuah komponen vital dalam Windows – sebagai penampung (container) bagi trojan horses PSW.Banker4.APSA atau Generic9TBN. Ketika scanner diaktifkan, AVG mengamsumsikan bahwa file kritikal tersebut adalah virus dan langsung menghapusnya, yang mengakibatkan sistem penggunanya crash.

Masalah ini muncul gara-gara file definisi virus baru. Karena itu AVG merekomendasikan para pengguna antivirusnya yang menerima definisi update secara otomatis untuk mematikan fitur Auto Update dan membatalkan proses scan yang sedang dijalankannya.

Awalnya masalah ini terisolir pada sistem Windows XP, tetapi ada juga pengguna Vista yang melaporkannya. Komputer yang terpengaruh sama sekali tidak bisa booting atau akan melakukan rebooting berulang tanpa berhenti.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan proses perbaikan yang menyebalkan, yang mencakup instalasi ulang Windows, memperbaiki sistem operasi dengan disk Windows, atau menggunakan disc boot untuk mengambil file-file yang Anda perlukan dari direktori C:-Windows-System32-dllcache.

AVG 7.5 dan AVG 8.0 terpengaruh oleh definisi file yang kacau ini. Namun ada berita baik: saat ini file tersebut sudah diperbarui.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s