Facebook Bersikukuh Tak Butuh Tambahan Dana

Posted: 13 November 2008 in Blogroll
Tag:, ,

Situs jejaring sosial nomor wahid di dunia, Facebook Inc., menolak keras bahwa mereka membutuhkan kucuran dana lebih dari para investor seiring dengan perkembangan situs mereka yang melaju kencang. Walaupun pembantahan sudah terlanjur dikeluarkan, situs populer tersebut tak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan dengan senang hati menerima pemasukan dana untuk keperluan mereka membayar tagihan.

Sikap malu-malu kucing yang ditunjukkan oleh Chief Executive Facebook Mark Zuckerberg tersebut, terlihat ketika menghadiri konferensi tingkat tinggi yang membicarakan Web 2.0 di San Fransisco Kamis lalu (6/11/2008). Selentingan bantuan dana yang diharapkan Facebook kabarnya berawal dari sebuah blog yang menyebutkan bahwa pimpinan keuangan Facebook baru saja membuat pertemuan dengan investor potensial di Dubai. Sampai saat ini kabar itu belum bisa dibuktikan kebenarammya.

Situs pertemanan populer yang bermarkas di kota Palo Alto, California, ini, dilaporkan sudah meraih kenaikan keuntungan sebesar USD500 juta, jumlah tersebut sudah termasuk kucuran dana dari Microsoft yang digelontorkan setahun lalu sebesar USD240 juta. Dengan keuntungan sebesar itu, membuat Facebook menjadi perusahaan yang bernilai USD15 miliar dan memasukkan Zuckerberg ke dalam daftar orang-orang terkaya berkat penghasilan bersihnya yang mencapai USD ,5 miliar, semuanya berdasarkan taksiran yang dibuat oleh majalah Forbes.

Sejak menerima siraman dana segar dari Microsoft, Facebook dikabarkan tumbuh semakin besar dengan mampu mempekerjakan kurang lebih 700 karyawan dengan penambahan jumlah pelanggan dari seantero dunia menjadi 125 juta. Seiring dengan berlipat gandanya pelanggan Facebook inilah yang disebut-sebut sebagai alasan utama Facebook harus mencari bantuan pemasukan karena mereka juga harus menginvestasikan dana perusahaan untuk membeli komputer tambahan dalam rangka mempertahankan kinerja mereka di dunia maya.

Keadaan diramalkan bakal tambah memburuk untuk Facebook karena kencangnya terpaan krisis ekonomi global yang berpengaruh langsung dengan surutnya pemasukan iklan online yang notabene merupakan pemasukan primer bagi mereka. Zuckerberg sampai sekarang masih menampik akan ada pengurangan jumlah karyawan layaknya perusahaan lain yang sudah lebih dulu mengambil langkah tersebut.

Seperti dilansir dari Associated Press, Sabtu (8/11/2008), pendapatan Facebook pada tahun ini diprediksikan akan mencapai ratusan juta kembali, namun pendiri Zuckerberg masih tidak mengindahkan ajakan untuk go public, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s