Kehilangan Kontak, Misi ke Mars Dihentikan

Posted: 13 November 2008 in Blogroll
Tag:

Penelitian mengenai kemungkinan adanya kehidupan di Planet Mars sepertinya akan tertunda untuk sementara waktu. Ini dikarenakan, Robot Phoenix Mars Lander yang diberi tugas mengamati topografi di Mars dinyatakan dihentikan karena sudah mengalami putus kontak.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mengatakan bahwa misi robot ke Mars resmi dihentikan. Robot Phoenix yang mengambil tugas ini telah kehilangan kontak sejak 2 minggu lalu. Dan menurut Nasa, peluang Phoenix untuk kembali bertugas sangat kecil.

“Phoenix sudah tidak mengirimkan sinyal ke pusat komando sejak 2 November lalu. Kami masih terus berusaha melakukan kontak, tetapi kemungkinan itu kecil,” jelas Manajer Pengembangan Phoniex Mars Lander Barry Goldstein, seperti yang dilansir dari Reuters, Selasa (11/11/2008).

Misi ini sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak satu tahun lalu. Karena terus mengalami perbaikan, robot berkaki tiga ini baru benar-benar beroperasi dalam jangka 6 bulan ini. Tugas utama dari Phoenix sendiri untuk meneliti kandungan tanah di planet merah tersebut. Oleh Nasa, tanah di Mars diduga menyimpan kandungan es, yang disebut-sebut berpeluang menciptakan kehidupan di sana. Sampai saat ini Phoenix sudah mengirimkan 25,000 foto topografi, serta beberapa sampel tanah di Mars.

Pihak Nasa sendiri belum memastikan pengganti Phoenix yang dikirim ke Mars, ini disebabkan mereka masih berharap pada Phoenix agar bisa melakukan kontak kembali. Paling tidak, mereka bisa mengetahui keberadaan terakhir Phoenix serta penyebab keruskannya.

“Kami akan terus bekerja agar bisa menjawab semua pertanyaan tentang adanya kehidupan, atau tidaknya kehidupan, di Planet Mars,” pungkas Barry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s