Penjahat Cyber Berkeliaran di Facebook

Posted: 13 November 2008 in Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, ,

Kesuksesan situs jejaring sosial, facebook ternyata dimanfaatkan sekelompok penjahat yang hendak mengambil keuntungan. Pengakuan seorang anggota facebook asal Australia, Karina� Wells menunjukkan bahaya penipuan mulai mengintai anggota Facebook.

Kisah itu, berawal ketika Karina mendapatkan pesan dari seorang kawannya asal Lagos, Nigeria yang mengaku bernama Adrian untuk mengirimkan uang sejumlah USD500 agar ia dapat membeli tiket untuk pulang. Setelah menerima surat tersebut, Karina kemudian mulai berhubungan dengan Adrian lewat chatting.

Kecurigaan Karina mulai tercium setelah beberapa kali mengobrol dengan Adrian, dan ia mulai sadar ketika teman chatting tersebut berusaha menanyakan akun-akun bank.

“Saya hampir saja tertipu, tapi setelah saya mengetahui niat buruknya karena menyuruh saya mentransfer uang saya pun mengakhiri hubungan dengannya, bahkan saya mengiriminya virus, dan spam,” ujar Karina seperti dilansir SMH, Senin (10/11/2008).

Sementara itu, menurut kepala teknologi Sophos Asia Pacific, Paul Ducklin para penjahat dan penipu memang menggunakan facebook untuk mencari target korban karena dianggap efektif.

Selain itu, Facebook juga digunakan sebagai sarana untuk menyebar malware, melalui pesan-pesan teks maupun video.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s