IBM Daur Ulang 1 Miliar Pon Sampah Elektronik

Posted: 14 November 2008 in Komputer, Teknologi
Tag:,

Vendor komputer IBM menyatakan telah berhasil mendaur ulang lebih dari 1 miliar pon atau sekitar 500 juta kilogram sampah elektronik di seluruh dunia. Sampah tersebut berasal dari peralatan teknologi informasi yang sudah digunakan lagi dari lebih dari 2.000 kliennya di seluruh dunia sebagai bagian dari proyek Big Green IBM.

“Kami bantu lebih dari 2.000 klien di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Amerika untuk mendaur ulang semua peralatan komputer, dari monitor sampai storage,” kata Infrastructure Business Executive Green IT, Virtualisation Systems and Technology Group ASEAN IBM Singapura, Hemant S Shah dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (13/11).

Shah mengatakan IBM mendaur ulang sampah elektronik agar aman untuk dibuang atau digunakan ulang dengan cara yang aman pula. Pekerjaan daur ulang itu dilakukan kontraktor. Server komputer dikirim ke satu kontraktor untuk di daur ulang, juga dengan monitor dan bagian komputer lainnya.

IBM membantu klien untuk mendaur ulang sampah mereka dengan tujuan agar kliennya dapat menghemat biaya, mengurangi dampak lingkungan dan menyederhanakan sistem TI mereka.
Sebelumnya, Vendor komputer, IBM menyatakan telah menganggarkan 1 miliar dolar AS per tahunnya untuk teknologi-teknologi yang meningkatkan efisiensi energi pada pusat data (data center) yang lebih ramah lingkungan lewat efisiensi konsumsi listrik.

Pusat data

Pusat data menjadi obyek utama program hijau IBM karena pusat data memiliki server komputer dan perlengkapan yang mengkonsumsi lebih banyak energi seiring permintaan daya komputasi di seluruh dunia. IBM telah memperkenalkan rangkaian produk IBM Modular Data Center, pusat data yang mengambil desain moduler dan hemat energi hingga 50 persen, antara lain Enterprise Modular Data Center, Portable Modular Data Center, dan High Density Zone.
Enterprise Modular Data Center adalah pusat data untuk enterprise yang dikemas sedemikian padat sehingga hanya memiliki ukuran 460 meter persegi sampai 1800 meter persegi.

Dengan mengadopsi pusat data ini, diharapkan perusahaan akan dapat mempercepat waktu persiapan data center mereka, sekitar 3-6 bulan daripada persiapan data center biasa.
Dengan pendekatan ini, menurut IBM, perusahaan bisa menangguhkan 40 persen biaya modal dan 50 persen biaya operasional, hingga perusahaan tersebut benar-benar memerlukan kapasitas yang lebih besar.

Ilmuwan IBM sendiri telah mengembangkan cara untuk mendinginkan chip komputer yang memliki sirkuit dan komponen yang dipasang secara tumpang tindih dan dialiri air, menjadi sebuah sistem pendingin yang mengurangi konsumsi energi pusat data secara signifikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s