Carder Ditangkap

Posted: 15 November 2008 in hacking, Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, , ,

Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap Afunk, seorang tersangka carder atau pembobo kartu kredit melalui internet. Kasat Cyber Crime, AKBP Winston Tommy Watuliu di Jakarta, Senin (15/9), menyatakan, penangkapan itu berkat kerja sama antara Polda Metro Jaya, Kepolisian Singapura dan Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat.

“Sembilan perusahaan internasional dan bank penerbit kartu kredit menjadi korban aksi Afunk,” kata Watuliu. Selama beraksi sejak tahun 2005, tersangka telah membobol kartu kredit hingga senilai Rp2 miliar.

Ia mengatakan, tersangka memanfaatkan sarana teknologi informasi dengan mencuri data-data kartu kedit milik orang lain lewat internet. Dari data-data itu, tersangka membuat kartu kredit yang kemudian dicoba untuk belanja pada toko on line. Jika uji coba berhasil maka kartu itu akan dipakai untuk belanja berikutnya.

Dalam menjalankan aksinya, Afunk menggunakan lima nama palsu yakni Chris, Cornel, Danny, Randy, dan Brandon Lee. Afunk juga menggunakan Singapura sebagai tempat domisili fiktif.

Sejumlah perusahaan di Amerika Serikat pun berhasil dibobol. Perusahaan perusahaan itu mengetahui telah terjadi upaya pembobolan setelah dilakukan audit internal sehingga melapor ke kepolisian terdekat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s