Data, Pentingkah?

Posted: 15 November 2008 in Komputer, Software, Teknologi
Tag:, , ,

Serangan virus kian gencar. Karena itu sistem komputer di perusahaan – apa pun skalanya, kecil atau besar – haruslah benar-benar aman.

Namun pengamanan/sekuriti saja, begitu kata Darrell Riddle (Director, Product Management, Symantec Corp.), belumlah memadai. “Data juga harus di-backup. Dua-duanya (sekuriti dan backup) harus ada,” tandasnya. Data yang perlu di-backup pun bukan cuma file-file perusahaan, tetapi bisa juga e-mail yang sifatnya kritis.

Salah satu produk yang bisa melakukannya adalah Symantec Backup Exec 12.5 dan Backup Exec System Recovery 8.5. Keduanya bisa melakukan backup ke Internet (online). “Cuma perlu beli satu agent, dan bisa dipakai untuk berapa pun user-nya yang ada di jaringan komputer. Setup-nya mudah, dan juga bisa pulihkan (recover) file secara individual,” tutur Riddle. Software otomatis mencari dan mem-backup mesin-mesin guest yang jumlahnya tidak dibatasi ke disk atau tape.

Lalu apa beda Backup Exec 12.5 dengan Backup Exec System Recovery 8.5? Backup Exec System Recovery 8,5, jelas Andy Darmawan (Senior Technical Consultant, Symantec), memproteksi sistem secara keseluruhan, termasuk sistem operasinya, dan mendukung lingkungan virtual seperti VMware ESX 3.5, Microsoft HyperV dan Citrix XenServer 4.x.

“Bisa mem-backup sistem file (Windows) yang terkorupsi, atau non-bootable, mem-backup dan recover server dengan konfigurasi yang terkunci, yang tidak bisa ditambahi aplikasi oleh penggunanya seperti di kantor-kantor pemerintah secara cepat, dalam hitungan menit, bukannya jam atau hari,” tegas Riddle.

Sementara itu Backup Exec 12.5 memproteksi hanya data di lingkungan Windows Server 2008 dan juga mendukung sistem VMware dan Hyper-V.

Backup Exec 12.5 ditawarkan dengan harga US$ 1115 untuk lisensi media server, dengan tambahan agent atau opsi mulai dari US$ 260 sampai US$ 3733. Sedangkan Backup Exec System Recovery 8.5 ditawarkan US$ 1227 per server, atau US$ 81 per workstation.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s