Dubes AS Ikut Sumbang ‘Gerakan 1000 Buku’

Posted: 15 November 2008 in Blog, Komputer, Teknologi
Tag:, ,

Para blogger Indonesia tak hanya piawai menulis, namun juga berjiwa kemanusiaan. Hal itu ditunjukkan dengan salah satu bentuk partisipasi mereka dengan memberikan kontribusi kepada rakyat dalam ‘Gerakan 1000 Buku’.

Gerakan yang dipelopori oleh salah satu komunitas blogger Indonesia ini, Bundaran Hotel Indonesia (BHI), bertujuan untuk memberikan akses informasi lewat buku. ‘Gerakan 1000 Buku’ tersebut dimulai pada awal Agustus 2008 dan diharapkan mampu memperluas akses buku-buku bacaan bagi anak-anak yang kurang mampu. Sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang, gerakan sosial ini mendapat perhatian besar dari kalangan blogger yang disebarluaskan melalui blog pribadi masing-masing.

Menurut laporan terakhir, gerakan ini telah berhasil mengumpulkan 1200 buah buku. Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah, apalagi dengan turut sertanya pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat yang ikut menyumbang buku. Duta Besar Amerika (AS) untuk Indonesia, Cameron R. Hume, mendonasikan 3000 buah buku, yang terdiri dari buku bacaan untuk anak-anak dan ensiklopedia.

“Kedutaan besar AS merasa bangga bisa mendonasikan buku untuk kemajuan pendidikan Indonesia,” papar Hume ketika ditemui di bilangan Wijaya, Jumat (14/11/2008).

Bertempat di angkringan Wetiga, yang juga bertindak sebagai markas layanan blog lokal, dagdigdug.com, Hume memberikan donasi buku secara simbolik kepada perwakilan komunitas BHI, Hedi Novianto.

Pihak BHI sendiri berharap buku-buku ini bisa dimanfaatkan bagi anak-anak Indonesia.

“Gerakan ini murni dari blogger. Kami tidak menjalin kerjasama dengan pemerintah,” ungkap Hedi.

Rencananya buku-buku ini akan didistribusikan ke seluruh Indonesia, terutama Jawa Tengah, melalui perwakilan komunitas blogger di daerah masing-masing. Hadir dalam acara penyerahan simbolis tersebut, perwakilan dari komunitas BI yang lain seperti Wicaksono, ketua Pesta Blogger 2008, dan Iman Brotoseno, perwakilan dari BHI yang lain. Mereka berharap acara seperti ini akan terus berlangsung tahun depan.

Komentar
  1. b-h-i mengatakan:

    top … 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s