Komunitas Blogger BHI, dari Nongkrong Hingga Aksi Sosial

Posted: 15 November 2008 in Komputer, Teknologi
Tag:,

Berawal dari kebiasaan anak-anak muda Jawa Tengah yang suka berkumpul dan mengobrol sampai pagi, empat blogger, Muchammad Syaefulloh, Nanang, Rohibun, dan Bahtiar Rifai, yang merantau mencari rezeki di Jakarta, mencoba menularkan kebiasaan nongkrong sampai larut di Ibu Kota ini.

Pelataran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat pun dipilih keempatnya untuk duduk santai sambil berbicara ngalor ngidul, setelah seharian bekerja. Hasil obrolan itu kemudian diposting di blog mereka masing-masing. Mereka pun kemudian menamakan diri Blogger Bundaran Hotel Indonesi (BHI). Kegiatan nongkrong di Hotel Indonesia itu lama kelamaan semakin banyak mendapatkan peminatnya. Komunitas yang tadinya hanya diikuti empat orang, kini memiliki tidak kurang dari 30 blogger sebagai anggotanya.

Berkumpul setiap Jumat malam menjadi rutinitas wajib bagi kelompok yang berdiri pada 17 Mei 2006 ini. Materi yang diobrolkan pun bermacam-macam, seperti perkembangan terkini yang terjadi di masyarakat. Apalagi BHI kebanyakan diisi orang-orang dengan pendidikan tinggi.

BHI mengedepankan persaudaran sesama blogger yang menginginkan suasana hangat dan mengalir apa adanya, tanpa terikat pada aturan tertentu. Bahkan perangkat pengurus pun mereka tidak punya, hanya salah satu pendiri komunitas ini, Bahtiar Rivai, yang mereka sebut sebagai Presiden BHI.

Namun begitu, bukan berarti perkumpulan ini tidak ingin memberikan kontribusi bagi masyarakat. Sebab, mereka tidak ingin blogger dicap sebagai komunitas eksklusif. Tepat setahun berdirinya, BHI menggelar kegiatan pengumpulan kambing untuk diberikan kepada anak muda di daerah Bangsari, Cilacap, Jawa Tengah.

Alasan BHI memilih kambing sebagai aksi sosial mereka cukup sederhana. Anak muda di daerah asal Muchammad Syaefullah itu tidak suka diberikan sumbangan berupa uang. Mereka lebih memilih mendapat bantuan yang bisa menciptakan pekerjaan. Nah, hewan kambing dipilih karena dapat dikembangbiakan. Dari 70 kambing yang berhasil terkumpul saat ini sudah bekembang hingga tiga kali lipatnya.

“Di BHI itu sifatnya mengalir apa adanya, prinsipnya bisa melakukan hal postif yang dekat dengan kita, tapi bisa diberikan secara global dan berkelanjutan,” ujar Hedi Novianto, salah satu anggota BHI, saat ditemui di Angkringan Wetiga, Jalan Langsat, Kramat Pela, Jakarta, Jumat (15/11/2008) malam.

Berangkat dari prinsip sederhana itulah yang membuat mereka menggelar kegiatan sosial untuk kedua kalinya yang mereka sebut ‘Gerakan 1.000 Buku’. Untuk yang satu ini mereka ingin dikelola secara serius. Dengan publikasi yang jor-joran melalui blog ke blog mulai awal Agustus lalu, gerakan ini mampu mengumpulkan buku hingga 1.200 buku. Bahkan gerakan ini menarik minat Kedutaan Besar Amerika di Jakarta untuk turut menyumbang 300 buku ensiklopedia dan bacaan anak-anak.

“Meski gerakan ini sudah banyak diikuti lembaga lain, tapi kami yakin buku itu tidak akan ada habisnya untuk mencerdaskan anak Indonesia. Apalagi kami bersinergi dengan komunitas daerah lain yang lebih tahu rujukan keperluan buku apa saja yang dibutuhkan,” sambung Hedi lagi.

Prinsip mengalir seperti air akan terus dipertahankan di tubuh BHI. Sebab dengan prinsip itulah mereka masih bisa bertahan. Ke depannya, BHI berharap dapat memberikan hal positif lain kepada masyarakat. Mereka juga mengimbau agar kegiatan blogging di Indonesia, terutama jurnalisme warga sipil, dapat lebih dikembangkan. Sebab dengan begitu, pengembangan infrastruktur internet di Tanah Air akan lebih mendapatkan perhatian pemerintah.

Tertarik bergabung dengan Komunitas BHI? Silahkan datang ke pelataran Hotel Indonesia, setiap hari Jumat pukul 10 malam.

Iklan
Komentar
  1. soulharmony berkata:

    Kunjungan Perdana !!!!!!!!!!!
    Salam dari Blogger KalSel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s