Regulasi Keamanan Masih Memble

Posted: 15 November 2008 in hacking, Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, , ,

Tingginya kasus hacking di Indonesia membuktikan sejumlah regulasi keamanan informasi yang berlaku di Indonesia masih memble. Dikeluarkannya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) merupakan langkah maju namun harus diperluas dengan membuat regulasi yang mengadopsi kebijakan internasional dalam peraturan khusus.

Hal ini disampaikan oleh Ketua ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure), Richardus Eko Indrajit dalam Indonesia Hacking & Security Conference yang diselenggarakan oleh majalah InfoKomputer dan tabloid PCplus bekerja sama dengan Kompas.com di arena Indocomtech 2008, Jakarta Convention Center, Sabtu (15/11).

Menurut Eko, selain karena penerapan aturan-aturannya masih lemah, banyak hal yang mendorong cyber crime sulit untuk ditekan. “Makin tinggi internet user, transaksi juga makin tinggi, namun makin tinggi pula attack dan angka kriminalnya,” ujar Eko.

Ia menyebutkan faktor-faktor yang berpengaruh adalah makin banyaknya buku-buku tentang hacking yang terbit atau training-training komputer yang berlangsung. Di sisi lain, sarana yang tersedia dan komunitas hacker juga makin banyak. “Di daerah kota makin mudah menemukan aplikasi untuk hacking. Malah dengan berbagai menu, mau meng-hack institusi mana dan dengan model serangan apa,” tandas Eko.

Oleh karena itu, menurut Eko pengendalian diri memang penting. Untuk mendorong para pengamat dan pelaku IT mampu mengendalikan dirinya, menurutnya, perlu ditekankan edukasi yang tepat di rumah, di sekolah atau di tempat-tempat umum mengenai manfaat IT terhadap kehidupan sehari-hari.

Di lain pihak, Eko juga mengatakan pemerintah perlu menciptakan suatu track simulasi sebagai wadah penerapan teori bagi para pelaku IT yang ternyata cukup tinggi daya serapnya terhadap perkembangan teknologi keamanan informasi. Jadi, kemampuan hacking tak perlu dilibas tapi dapat diarahkan agar dimanfaatkan untuk kepentingan publik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s