Akhirnya, Sun Microsystem Pecat 6000 Karyawannya

Posted: 17 November 2008 in Komputer, Teknologi
Tag:,

Setelah pada awal November, Sun Microsystem telah mengambil ancang-ancang untuk memangkas karyawannya. Maka, beberapa hari lalu perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat ini, resmi mengumumkan pemecatan 6000 karyawannya, dengan tujuan untuk menstabilkan keuangan mereka yang tergerus badai krisis.

Di depaknya 6000 karyawan di perusahaan tersebut merupakan 18 persen dari total keseluruhan staf yang mereka miliki. Sebagian besar karyawan yang dipecat berada di kantor pusat mereka di AS. Mereka mengklaim bahwa keputusan mereka ini untuk menyelamatkan dana mereka� yang mencapai USD700 juta sampai USD800 juta.

“Hari ini, kami mengambil keputusan sulit untuk menyelamatkan bisnis Sun yang goyah karena krisis ekonomi. Saat ini kami akan fokus untuk berinovasi dalam platform open source,” ujar CEO Sun Microsystem Jonathan Schwartz, seperti yang dikutip Vnunet, Senin (17/11/2008).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Sun Microsystem melaporkan keuangan mereka yang telah kehilangan banyak keuntungan pada kuartal pertama ini. Dari yang semula USD89 miliar, atau sekira Rp8,9 triliun, berkurang drastis menjadi USD1,68 miliar, setara dengan Rp1,7 triliun

Apalagi sejak bulan September lalu, penjualan mereka terus lesu dan berimbas pada kesehatan kas. Saham mereka pun anjlok pada kisaran 7,1 per saham, artinya saham mereka saat ini hanya membukukan USD2,99 miliar, turun pada periode yang sama tahun lalu dengan USD3,2miliar.

Kini, harapan bergantung pada awan mendung yang segera berakhir, agar perjalanan perusahaan aplikasi sistem open source ini dapat bergerak dengan nomal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s