ID SIRTII: CyberSpace Sebabkan Adanya CyberLaw

Posted: 17 November 2008 in hacking, Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, , ,

Kehidupan dunia maya yang telah bersinggungan dengan dunia nyata mengakibatkan diharuskannya ada payung hukum untuk mengatur etika ‘bermain’.

“Dulu dunia cyber mengakibatkan adanya perang cyber (cyber war) dan dunia nyata mengakibatkan adanya perang fisik (physical war). Keduanya berdiri masing-masing dan tidak saling berhubungan. Namun sekarang keduanya telah saling berhubungan, dengan adanya interaksi di dunia maya, yang akibatnya sampai ke dunia nyata, begitu juga sebaliknya,” ujar Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastrucure (ID SIRTII) Richardus Eko Indrajit, saat melakukan pemaparan di Seminar Hacking Security Indonesia di Balai Sidang Jakarta, Senayan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, beberapa faktor menjadi penyebab diharuskannya kemunculan cyber law. Salah satu yang paling mendasar adalah adanya media cyber (cyber space) yang sekarang marak digunakan. Akibat adanya cyber space tersebut maka muncullah perilaku cyber (cyber threat).

“Cyber threat itulah yang kemudian mampu menyebabkan adanya cyber attack yang kemudian akan mengancam keamanan cyber (cyber security) sehingga keduanya akan saling menjatuhkan. Kedua hal inilah yang memunculkan kejahatan di dunia maya (cyber crime). Kalau sudah begitu maka tidak bisa dipungkiri lagi jika kita harus membutuhkan perangkat hukum, yang disebut dengan cyber law,” jelas Eko.

Namun begitu, Eko juga tidak bisa memungkiri jika banyak hal yang dapat menjadi penyebab munculnya cyber threat.

“Dua hal yang sering menjadi penyebab cyber war di Indonesia adalah political incident dan published books,” tandas Eko.

Political Incident dimaksudkan dengan kejadian-kejadian politis yang melibatkan dua negara. Hal ini seringkali terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Sedangkan published books merupakan hal yang cukup mudah memicu cyber threat. Pasalnya, buku-buku tutorial komputer yang dipublikasikan mampu memicu pembacanya untuk mempraktekan langsung. Tidak heran jika cyber threat melalui buku menjadi ajang untuk jajal bisa langsung.

Faktor-faktor lainnya yang menjadi penyebab munculnya cyber threat adalah International Event, training materials dan pirated tools (perangkat bajakan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s