AMD Hadirkan Driver ATI Catalyst Terbaru

Posted: 18 November 2008 in Komputer, Teknologi
Tag:, ,

AMD berencana untuk merilis driver ATI Catalyst yang telah diperbaharui, yang secara instan meng-unlock kemampuan akselerasi ATI Stream baru yang terdapat pada jutaaan graphics card ATI Radeon. Driver ATI Catalyst tersebut mulai dapat didownload secara gratis pada awal bulan Desember nanti.

ATI Stream merupakan teknologi hardware dan software lanjutan yang memungkinkan graphics processor (GPU) AMD, bekerja secara bersama-sama dengan central processor (CPU) dari sistem untuk mempercepat aplikasi-aplikasi, tidak terbatas hanya untuk aplikasi graphics saja. Teknologi ini menghadirkan keseimbangan platform yang lebih baik dalam menjalankan tugas komputasi secara lebih cepat dari yang telah ada hingga saat ini.

Software-software yang didukung ATI Stream baik itu software hiburan, game and untuk meningkatkan produktivitas saat ini sedang dan terus dikembangkan oleh beberapa vendor software independen termasuk ArcSoft and CyberLink.

Agar pengguna dapat segera merasakan manfaat ATI Stream, AMD juga memiliki rencana untuk merilis versi gratisan dari utiliti ATI Avivo Video Converter yang dapat didownload secara bebas mulai Desember 2008. Dari hasil ujicoba menggunakan ATI Radeon HD 4850, aplikasi ini sangat intuitif dan mudah digunakan termasuk untuk mengkonversi file video HD hingga 17 kali lebih cepat dibanding hanya menggunakan CPU saja.

“ATI Stream merupakan salah satu contoh terbaik dari kekuatan Fusion, dan ini merupakan tahap awal yang sangat penting untuk teknologi mainstream yang baru. AMD sangat berterimakasih pada jutaan orang yang telah membeli graphics card ATI Radeon HD 4000 series dan akan membantu mereka untuk mendapatkan hasil yang sepadan dari investasi yang telah dilakukannya. Bagi yang belum memilikinya bisa menjadikannya sebagai alasan untuk segera mendapatkannya,” kata Ryan Sim, sales director AMD Asean melalui keterangan resminya, Senin (17/11/2008).

Jutaan PC yang tersebar di seluruh dunia saat ini telah menggunakan prosesor graphics ATI Radeon dari AMD yang telah mendukung software driver ATI Catalyst. Dalam 12 bulan terakhir, berbagai paket driver ATI Catalyst telah di-download sebanyak 48 juta kali atau rata-rata 4 juta setiap bulannya.

ATI Catalyst yang akan segera diluncurkan merupakan versi 8.12. AMD telah mulai mendistribusikan versi beta-nya kepada beberapa mitra hardware dan software untuk pengujian. Sementara untuk versi finalnya dijadwalkan baru akan mulai dapat didownload pada 10� Desember.

Setelah terinstall, driver tersebut secara otomatis akan menghadirkan kemampuan akselerasi ATI Stream pada graphics card ATI Radeon HD 4000 series. Implikasi yang akan terasa adalah peningkatan kinerja berbagai aplikasi yang telah mendukung ATI Stream, tanpa ada upaya khusus yang harus dilakukan pelanggan. Dan seperti biasa pengguna yang telah ahli disediakan pilihan untuk mengkostumisasi driver ATI Catalyst yang telah diinstal-nya.

Pengguna kemudian dapat mendownload dan menginstall ATI Avivo Video Converter secara gratis.Dalam uji coba performa menggunakan utiliti ini, AMD dapat mengkonversi video berdurasi satu jam ke format pemutar portabel berdurasi 12 menit. Dipadukan dengan salah satu graphics card terbaru ATI Radeon HD 4000 series, ATI Avivo Video Converter membantu konversi menjadi 2 kali lebih cepat� dan dengan biaya hanya separuhnya dibanding solusi sejenis.

Beberapa vendor software independent juga akan menghadirkan aplikasi-aplikasi yang mendukung ATI Stream, termasuk ArcSoft, penyedia solusi inovatif untuk multimedia dan teknologi digital imaging terkemuka. AirSoft berencana memperbarui aplikasi TotalMedia Theatre-nya yang mencakup ArcSoft SimHD, sebuah teknologi pengolahan terbaru yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati tampilan berkualitas HD pada Desember nanti.

Perusahaan lainnya adalah CyberLink, pengembang software inovatif untuk aplikasi digital media creation, playback, sharing, dan hiburan telah mengoptimalkan software editing video yang meraih banyak penghargaan, PowerDirector 7. PowerDirector memiliki fitur dan fungsi untuk capturing, editing, dan distributing HD Video. Versi barunya yang dijadwalkan akan diluncurkan pada kuartal pertama 2009 akan menyertakan ATI Stream untuk mempercepat konversi video dengan performa dan fungsionalitas melebihi Avivo Vide o Converter.

Untuk memberikan kemudahan pengembangan aplikasi yang mendukung ATI Stream dengan kemampuan berjalan pada berbagai platform, AMD menjadi anggota Khronos yang menerapkan standar openCL dan mengembangkan ATI Stream SDK untuk memenuhi standar OpenCL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s