Obama di Internet, Dipuji dan Dicaci

Posted: 18 November 2008 in Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, ,

Selesai dengan euphoria pemilihan umum dan kemenangan Obama, generasi internet membuat tindakan berkelanjutan atas kecintaan mereka terhadap Obama. Baru-baru ini beredar sebuah permainan komputer bergaya retro yang diperuntukkan bagi pecinta Obama dan penyuka hal-hal berbau politik bertitel Super Obama World.

Presiden AS Terpilih Barrack Obama

Permainan yang diedarkan secara gratis ini secara garis besar serupa dengan permainan Nintendo legendaris Super Mario World. Alur permainan berbentuk pertarungan antara Obama dan Palin untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya agar waktu hidup permainan semakin lama, tak jauh berbeda dengan konsep permainan pada umumnya. Yang unik dari game sarat unsur politik ini adalah selipan kutipan pernyataan terkenal Obama dari masa kampanye seperti “Saya bisa melihat orang Rusia dari rumah saya”, atau di saat sudah mencapai level permainan tertentu, kalimat seperti “Pencapaian level yang bisa kita percaya,” (slogan yang diusung Obama selama masa kampanye adalah believe atau percaya).

Penciptaan game Super Obama World ini diklaim sebagai salah satu contoh dukungan dunia teknologi terhadap Obama yang dinyatakan oleh pencipta game kecil bernama ZenSoft. Obama dianggap sebagai kandidat dari kubu Demokrat yang bisa menggerakkan jutaan warga Amerika dengan kesatuan kampanye online.

Ada mencintai, namun ada yang juga mencaci. Bersamaan dengan hadirnya dukungan pecinta Obama berbentuk permainan, golongan yang kontra dengan presiden Amerika Serikat ke-40 ini malah mencibir keminiman informasi yang terkandung di situs resmi Obama, change.gov. Pembenci Obama itu menagih janji Obama yang mengatakan akan segera mengumumkan chief technology officer pilihannya dan menunggu realisasi ekspansi komunikasi Obama untuk tetap merangkul jutaan pendukungnya yang sudah mendaftarkan diri ke situs mybarackobama.com selama masa kampanye lalu.

Cibiran ke arah Obama terus tertuju dengan munculnya komentar pedas di situs microblogging Twitter yang dialamatkan oleh Valleywag. Dalam tulisan tersebut Obama dinilai tidak becus mengurus 127.196 pendukungnya karena tidak ada satupun pesan baru di channel milik Obama sejak 5 November, tanggal ia resmi ditahbiskan sebagai pemenang pemilu.

Walaupun begitu, Obama tetap dianggap idola oleh pendukungnya dengan hadirnya beragam situs. Salah satunya beralamat di rebuildtheparty.com yang dibuat oleh Erick Erickson dan difungsikan sebagai pemberdayaan internet dengan lebih baik dan untuk memperbaharui dukungan yang sudah dicapai Obama. Situs dukungan lainnya dibuat oleh Partai Republik yang beralamat di RepublicanForAReason.com, sebagai wadah untuk menampung gagasan-gagasan cemerlang pendukung Republik demi kemajuan di masa yang akan datang.

“Kami adalah partai yang penuh dengan prinsip dan harus terus memelihara dukungan yang kita punya,” tegas ketua Komite Nasional Republik, Robert Duncan, seperti dilansir dari Times, Senin (17/11/2008).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s