Samsung Dituntut, Pasar Gadget AS Bakal Goyang

Posted: 18 November 2008 in Gadget, Teknologi
Tag:,

Perusahaan pembuat flash memory, Spansion meminta agar AS memblokir seluruh penjualan iPod, Blackberry dan seluruh gadget lain yang menggunakan chip memory buatan Samsung Electronic. Spansion menuding chip memori buatan Samsung melanggar hak paten.

Spansion mengklaim lebih dari 100 juta unit pemutar musik, ponsel, dan kamera digital harus ditarik dari pasaran. Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California menyatakan bahwa selama lima tahun Samsung telah berhasil menjual produk hingga USD30 Miliar, padahal masih tersangkut pelanggaran hak paten dengan Spansion.

“Spansion memiliki paten flash memory, dan Samsung telah menconteknya selama beberapa kali dan itu jelas melanggar hak atas kekayaan intelektual kami,” kata pengacara Spansion, Robert Melendres, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (18/11/2008).

Menurut Melendres, Samsung merupakan pembuat chip memori terbesar, dan karena perusahaan itu memiliki popularitas serta akses informasi yang cepat maka aksi mereka pun luput dari pengamatan Spansion. Tuntutan Spansion kepada perusahaan asal Korea Selatan itu dilayangkan Senin (17/11/2008) kemarin kepada komisi perdagangan Internasional dan pengadilan Amerika Serikat di Delaware.

Namun, Samsung belum mau berkomentar mengenai tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dilayangkan Spansion tersebut.

Tuntutan hukum atas pelanggaran hak kekayaan intelektual memang sering terjadi di antara perusahaan elektronik. Pada tahun 2006, perusahaan pembuat Blackberry, Research In Motion bahkan harus membayar USD612,5 juta kepada sebuah perusahaan yang memiliki hak paten atas teknologi pengiriman e-mail dari gadget ke komputer.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s