2009, HP ada NFC

Posted: 24 November 2008 in Gadget, Teknologi
Tag:,

Asosiasi penyelenggara jaringan GSM (GSM Association/ GSMA) memerintahkan para anggotanya untuk membenamkan teknologi Near Field Communication (NFC) dan interface Single Wire Protocol (SWP) di ponsel pada pertengahan tahun 2009 nanti.

Menurut GSMA, standarisasi SWP sangat dibutuhkan untuk memungkinkan adanya kompatibilitas interface antara Universal Integrated Circuit Card (UICC, yang biasa lebih dikenal dengan SIM Card) dengan teknologi NFC yang dibenamkan di handset.

Chip NFC sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan ponsel berkomunikasi dengan perangkat lain tanpa harus melakukan kontak langsung. Teknologi ini biasanya digunakan untuk pembayaran debit atau kartu kredit.

“Beberapa operator di seluruh dunia sudah mulai mengembangkan layanan pembayaran dari ponsel. Ini merupakan bukti kuat bahwa adanya demand yang besar dari masyarakat akan layanan transaksi pembayaran melalui ponsel. Oleh karena itu, dukungan perangkat yang mumpuni akan membuat layanan ini semakin mungkin untuk dikembangkan,” ujar CEO GSMA Rob Conway, seperti dilansir melalui Cellular News, Sabtu (22/11/2008).

Bahkan saat ini, GSMA sedang melakukan ujicoba layanan mobile payment dengan melibatkan sembilan operator dalam program GSMA’s Pay-Buy-Mobile. Ke depannya, GSMA akan melibatkan 15 operator lagi di 14 negara di dunia.

Di Taiwan, proses ujicoba ini telah melibatkan sekira 200 pengguna. Perusahaan riset FarEasTone menyatakan bahwa 90 persen dari responden memberikan respon positif atas layanan baru ini. 80 persen dari mereka menyatakan puas dengan sistem layanan ini yang dirasa lebih aman dan nyaman. Sedangkan 40 persen dari responden berjanji akan beralih menggunakan layanan ini ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s