Hack Bluetooth

Posted: 24 November 2008 in Gadget, Teknologi
Tag:,

Sejak lima tahun lalu, fitur Bluetooth menghiasi sebagian besar -ponsel baru. Si gigi biru mengambil alih posisi inframerah yang lebih dahulu eksis. Banyak keuggulan yang ditawarkan Bluetooth. Melalui fasilitas ini, Anda dapat bertukar kartu nama digital, chatting, bertukar file, hingga membuat jaringan pribadi. Semuanya dilakukan secara wireless alias tanpa kabel.

Di samping kemudahan bertukar file, Bluetooth punya kelebihan lain dibanding inframerah. Dua di antaranya ialah kecepatan transfer yang lebih tinggi, dan tak perlu saling berhadapannya perangkat pengirim dan penerima selama transmisi data.

Karena kelebihan-kelebihan inilah kemudian berkembang berbagai aplikasi yang mengandalkan koneksi Bluetooth. Salah satunya adalah Super Bluetooth Hack. Sebagian dari Anda tentu bertanya-tanya mengapa ada kata “Hack” di belakang nama aplikasi. Apakah aplikasi ini merusak?

Tenang saja, aplikasi ini tidak berbahaya untuk ponsel Anda. Sang pembuat membubuhkan kata “Hack” karena aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat isi ponsel orang lain melalui Bluetooth. Beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini, Anda bisa melihat informasi ponsel, daftar panggilan, phone book, SMS, kalendar, menjalankan aplikasi, musik, menulis teks, mengunci ponsel, mengganti nada dering, volume, alarm, jam, bahasa, mode ponsel, profil, koneksi, sampai menekan tombol ponsel secara jarak jauh dari ponsel Anda.

Sayang, saat Sinyal mencoba aplikasi ini, ternyata tidak semua ponsel berBluetooth bisa “di-hack” Ponsel-ponsel dengan sekuriti tinggi tidak bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi ini.

Contohnya ponsel Linux. Ponsel dengan sistem operasi ini default-nya mematikan fitur Bluetooth. Jika Anda mengaktifkannya dan membuat Visibility-nya dalam mode On, Bluetooth hanya akan bisa dicari oleh perangkat lain dalam 10 menit. Setelah itu secara otomatis ponsel tidak bisa dicari lagi di “udara bebas” Kalaupun bisa terhubung, ponsel juga tidak memberikan akses penuh begitu saja. Itu sebabnya mengapa aplikasi ini praktis tidak bisa digunakan untuk mengoprek ponsel-ponsel tertentu.

Gratis, Mudah
Untuk menggunakan aplikasi unik ini, sangatlah mudah. Setelah mengunduh Super Bluetooth Hack v1.07.jar dari http://www.getjar.com/products/13076/SuperBluetoothHack/versions (106KB), Anda bisa memilih menu Connect dari jendela utama aplikasi.

Setelah itu, Anda bisa memilih perangkat yang ingin diakses dari daftar (jika sebelumnya Anda pernah mengakses perangkat tersebut) atau pilih Inquiry devices untuk mencari perangkat di sekitar Anda yang Bluetooth-nya sedang aktif.

Setelah ditemukan, Anda cukup menekan tombol Connect. Tak lama kemudian, koneksi ke ponsel tujuan akan terbentuk. Anda akan melihat menu-menu yang menawarkan akses penuh ke ponsel tersebut. Pilihlah yang Anda suka. Super Bluetooth Hack akan menggunakan akses yang didapatnya untuk mengeksekusi ponsel “target”.

Dalam menggunakan aplikasi ini Anda mungkin menemui ada beberapa fungsi yang tidak bekerja dengan baik di semua tipe ponsel. Dengan mengaktifkan kotak cek Disable Unsuported Functions pada menu Settings, kemungkinan ini akan berkurang. Sebab, beberapa fitur yang tidak dapat bekerja di ponsel tujuan akan dieliminasi dan tidak ditampilkan pada menu.

Jangan lupa, aturlah menu Saving Files to yang juga terdapat pada menu Settings untuk menentukan di mana Anda ingin menyimpan berbagai file yang didapat dari ponsel tujuan.

TIPS: Agar Anda tidak menjadi “korban” aplikasi ini, pastikan Bluetooth Anda dalam kondisi tidak aktif jika tidak digunakan. Selain akan menghemat batere, aplikasi semacam Super Bluetooth Hack tidak akan bisa mengakses ponsel yang Bluetoothnya mati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s