Symantec: Pasar Gelap Online Meningkat

Posted: 2 Desember 2008 in Internet, Teknologi
Tag:,

Saat ekonomi dunia nyata sedang melemah, ekonomi bawah tanah di dunia maya ternyata menguat. Produsen solusi sekuriti Symantec Corp menemukan, aktivitas jual beli informasi curian di pasar gelap online akhir-akhir ini meningkat dan harga informasi-informasi curian itu pun menguat.

Symantec mengungkapkan, nilai perdagangan barang dan jasa di pasar gelap online pada saat ini mencapai USD276 juta per tahun. Informasi kartu kredit curian adalah produk yang paling banyak diperdagangkan di sana. Yaitu mewakili 31 persen dari total penjualan. Pada saat ini, nomor kartu kredit curian diperdagangkan seharga USD0,10 hingga USD25 per kartu. Limit rata-rata dari kartu-kartu curian itu adalah USD4.000. Seluruh kartu kredit curian itu dapat digunakan untuk berbelanja hingga USD5,3 miliar. Ketika dicermati, harga informasi kartu kredit curian itu pada saat ini ternyata lebih mahal daripada awal tahun ini.

Pada saat itu, harga informasi kartu kredit curian anjlok hingga USD0,01 karena suplai melimpah ruah. Namun, harga informasi kartu kredit curian pada saat ini masih lebih rendah daripada tahun silam. Sebab, pada tahun silam harga informasi kartu kredit curian paling murah masih berkisar USD0,40 per buah. Ini adalah tanda bahwa suplai informasi kartu kredit curian masih melimpah.

Symantec menjelaskan, suplai informasi kartu kredit curian menjadi melimpah karena mudah didapatkan. Informasi itu pun menjadi produk paling banyak diperdagangkan karena mudah digunakan untuk melakukan kejahatan online.

Komentar
  1. Agus Suhanto mengatakan:

    Saya suka tulisan ini, saya daftarkan link-nya dalam komentar posting saya di Jualan Online dengan PrestaShop. Pingback akan segera dikirimkan.

  2. […] dan joomla » multiply ditutup banyak toko online jualan online tidak bisa diakses » Symantec: Pasar Gelap Online Meningkat ( BALAS […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s