Depkominfo Reformasi Perizinan Dengan e-Services

Posted: 18 Desember 2008 in Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, ,

Hei, aku kembali lagi, hehehe. Gara-gara harga blogku udah $500, jadi kesini lagi, hehehe

Departemen Komunikasi dan Informatika serius untuk merealisasikan reformasi perizinan dalam bentuk penggunaan e-Services. Sebab, Menteri Komunikasi dan Mohammad Nuh di kantor Departemen Kominfo resmi meluncuran sejumlah layanan publik yang berbasis IT, atau lebih dikenal e-Services.

Acara peresmian tersebut diawali dengan penyerahan ISO 9001 kepada layanan di Ditjen Aplikasi Telematika sebagai bagian dari pengakuan internasional untuk sistem manajemen mutu (ISO 9001). Layanan yang diberikan ini adalah sistem elektronik pengadaan barang dan jasa pemerintah (SePP). Dengan diterimanya sertifikasi ISO 9001, SePP akan memberikan layanan prima kepada instansi pengguna dan penyedia barang dan jasa (vendor).

“Depkominfo, ingin memudahkan masyarakat dalam dalam melakukan pelayanan dengan berbasis pada IT,” ujar Muhammad Nuh, kepada wartawan, Rabu (17/12/2008).

Beberapa e-Services yang diluncurkan, salah satunya adalah, Sistem Informasi Manajemen Pengendalian dan Pengamanan Barang Milik Negara (SIMPPBMN). Aplikasi ini dimaksudkan untuk mengelola data, dan informasi yang berkaitan dengan transaksi peminjaman, pemakaian dan penempatan yang berbasis web ( web base) pada seluruh satuan kerja di lingkungan Departemen Komunikasi dan Informatika.

“Tujuan dari SIMPPBMN adalah Mewujudkan tata kelola BMN yang tertib, profesional, lengkap, akurat, serta memberi pengamanan BMN terhadap penyimpangan pemanfaatan oleh pihak yang tidak berhak,” sambung mantan Rektor ITS Surabaya ini.

“Sistem Informasi Manajemen PPBMN telah diuji coba pada 3 satuan kerja yaitu Balmon Semarang, MMTC Yogyakarta, dan BPPI Makassar,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s