Chipset Wimax Generasi Pertama Dikembangkan

Posted: 19 Desember 2008 in Komputer, Teknologi
Tag:, ,

PT Dama Persada, industri elektronika berbasis di Kota Bandung, kini tengah mengembangkan chipset- inti papan induk, khusus Wimax. Chipset Wimax generasi pertama bernama XIRKA System-on-Chip ini disebut-sebut menjadi tonggak kebangkitan industri manufaktur di bidang teknologi informasi di tanah air.

Menurut Direktur Desain Chipset PT Dama Persada Trio Adiono, chipset ini khusus didesain untuk kompatibel dengan Wimax atau teknologi komunikasi data nirkabel berpita lebar (broadband wireless access -BWA). Produk chipset ini bisa diaplikasikan baik di peralatan wimax yang statis (fixed) at au pun dinamis (mobile) macam piranti di telepon seluler.

“Produk ini diharapkan dapat mendukung peningkatan penggunaan komponen lokal teknologi informasi komunikasi di Indonesia. Selama ini, kita hanya bisa menjadi penonton dalam produksi teknologi informasi komunikasi. Padahal, belanja di bidang ini sangat besar, Rp 40 60 triliun per tahun,” ucapnya. Dengan produk ini, konten lokal bisa ditingkatkan hingga 45 persen atau lebih dari yang tadinya hanya 30 persen.

Dengan banyak memanfaatkan konten lokal, harga jual piranti Wimax ke depan bisa lebih murah. Diproyeksikan harga piranti Wimax yang lengkap tidak lebih dari 100 dollar AS. Produk chispet yang sesuai standar internasional IEEE 802.16d-2004 untuk jenis fixed dan IEEE 802.16e-2005 untuk mobile Wimax ini rencananya akan dilincurkan pada kuartal pertama 2009 mendatang. Produksi awal diproyeksikan sekitar 200 ribu unit.

Menurutnya, di dunia saat ini hanya terdapat enam produsen chipset Wimax yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat dan Eropa. Selain PT Dama Persada, chipset wimax juga dikembangkan di LIPI. Namun, yang terakhir ini sebatas Radio Frekuensi. Piranti keras yang risetnya dikembangkan di Institut Teknologi Bandung ini diharapkan melengkapi produk piranti lunak Wimax yang dikembangkan PT H ariff dan PT Indonesia Tower.

Ia pun optimis, dibandingkan teknologi komunikasi canggih macam 3G dan 3,5 G lainnya, Indonesia bakal lebih siap dalam kasus Wimax. Teknologi BWA ini bekerja di pita berukuran besar 2,5 3,5 gegabit. Kecepatan akses data dip erkirakan mencapai 37 megabit per detik dan daya jangkau hingga radius 50 kilometer. Teknologi ini sangatlah efektif jika dikembangkan di daerah rural atau pedesaan karena sinyal mampu menembus gunung-gunung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s