Tutup Tahun, Google Bagikan Ponsel Android

Posted: 27 Desember 2008 in Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, , ,

Perusahaan mesin pencari internet, Google tak memberikan bonus akhir tahun bagi para karyawannya. Sebagai gantinya Google memberikan ponsel berbasis Android kepada para karyawan.

Seperti dilansir Times of India, Rabu (24/12/2008), pemberian ponsel tersebut merupakan upaya Google untuk membatasi biaya pengeluaran keuangan.

Menurut karyawan Google yang tak disebutkan identitasnya, pada tahun lalu Google memberikan bonus rata-rata sebesar USD1000 kepada tiap karyawan, namun karena resesi ekonomi tahun ini Google hanya memberikan bonus ponsel. Ponsel yang diberikan kepada karyawan merupakan ponsel besutan T-Mobile USA G-1 yang memiliki fitur sama dengan produk keluaran Apple, iPhone. Bonus akhir tahun tersebut merupakan bonus tambahan di luar bonus kinerja yang biasa diterima karyawan.

“Krisis ekonomi yang menimpa dunia, membuat kami lebih konservatif dalam mengelola pengeluaran uang,” tulis perusahaan yang berbasis di Mountain View California itu dalam blognya.

Google juga menyatakan, untuk karyawan di 17 negara yang tak dapat mengoperasikan G1 seperti Brazil, Rusia, India, dan China. Google memberikan bonus sebesar USD400 kepada tiap karyawan.

Sebelumnya, CEO Google Eric Schmidt pernah mengatakan, Google memang mengontrol ketat seluruh pengeluarannya sebagai akibat dari lambannya laju pertumbuhan pendapatan iklan online.

Google selama ini dikenal sebagai ‘surga’ bagi para pekerja karena sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberikan fasilitas-fasilitas penunjang lain. Namun seiring krisis yang mendera, Google mulai mengencangkan ikat pinggang, termasuk mengurangi penerimaan pegawai.

Pada kuartal ketiga 2008 Google hanya menerima 519 karyawan baru, sedangkan pada periode yang sama 2007 Google merekrut lebih dari 2130 karyawan. Hingga saat ini Google memiliki jumlah karyawan sekira 20.000 orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s