Penonton Video Online Naik 34%

Posted: 6 Januari 2009 in Internet, Komputer, Teknologi
Tag:, ,

Masyarakat dunia, khususnya Amerika mulai merasa nyaman menonton video online. Untuk urusan ini, Google YouTube telah dinobatkan sebagai pemenang.

Menurut data perusahaan riset ComScore, yang dilansir melalui Cnet, Selasa (6/1/2009), pada bulan November 2008 lalu, pengguna internet di Amerika telah berhasil melihat sekira 12,7 miliar video online. Angka ini tumbuh sekira 34 persen dari jumlah video internet yang berhasil ditonton di tahun lalu.

Semua peningkatan ini tidak lepas dari peran situs video online milik Google, YouTube. Situs tersebut memiliki kontribusi yang cukup besar dalam jumlah penonton online, sekira 5,1 miliar video yang ditonton atau sekira 40 persen dari total video online yang ditampilkan. Sedangkan situs video sharing tersebut memiliki kontribusi sekira 98 persen dari trafik Google.

Di bawah YouTube, Fox Interactive Media terpaut jauh dengan angka video yang ditonton sekira 439 juta saja, atau sekira 3,5 persen. Diikuti oleh Viacom Digital dengan 325 video online yang ditonton, atau sekira 2,6 persen dari total video.

Data dari ComScore juga menunjukkan, sekira 77 persen pengguna internet telah menyempatkan diri setiap harinya untuk menonton video online sejak tahun 2008. Sedangkan rata-rata dari mereka telah menonton video online selama 273 menit.

Data ini bisa jadi merupakan berita baik untuk YouTube dan Hulu, yang saat ini sedang berencana untuk membenamkan iklan video online. Sebuah perusahaan analis memprediksi tahun ini iklan video online akan mulai meningkat hingga 45 persen dengan pendapatan sekira USD850 juta tahun ini. Bahkan studi yang dilancarkan oleh eMarketer pada bulan Desember memprediksi pendapatan tersebut akan terus naik setiap tahunnya. Misalnya saja pada tahun 2010, pendapatan akan mencapai USD1,25 miliar, lalu menjadi USD1,85 miliar pada 2011, menjadi USD3 miliar pada 2012, dan mencapai USD4,6 miliar pada 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s