Hamas Kasih Waktu Israel 1 Pekan Tinggalkan Gaza

Posted: 19 Januari 2009 in Blogroll
Tag:

Hamas kemarin mengumumkan gencatan senjata di Jalur Gaza, menyusul langkah Israel yang mendeklarasikan perjanjian damai sepihak. Hamas juga mengultimatum Israel untuk menarik pasukan dari wilayah Gaza dalam waktu sepekan.

“Hamas dan faksi lain mengumumkan sebuah gencatan senjata di Gaza yang akan dimulai secepatnya dan memberikan waktu sepekan kepada Israel untuk menarik diri,” ungkap Ayman Taha, pejabat Hamas di Kairo ketika berunding dengan Mesir terkait perjanjian damai kemarin.

Taha menambahkan, Hamas tengah meminta pembukaan kembali semua perbatasan Gaza bagi semua bantuan kebutuhan pokok yang diperlukan warga Palestina di Gaza. Perbatasan tersebut telah ditutup oleh Israel setelah Hamas berhasil mengendalikan wilayah Gaza pada 2007 lalu.

Pernyataan Taha tersebut ternyata dibenarkan pada pemimpin Hamas di pengasingan. Melalui pernyataan resmi mereka menyatakan Hamas siap bekerja sama dengan Mesir sebagai upaya menciptakan ketenangan di Gaza. “Kami siap bekerja sama dengan sejumlah upaya, khususnya (dengan pihak) Mesir,” tulis pernyataan resmi para petinggi Hamas di pengasingan.

Kelompok pejuang Hamas sebelumnya menegaskan sikap tetap melanjutkan perlawanan selama tentara Israel masih berada di Jalur Gaza. “Zionis harus menghentikan agresi, menarik seluruh pasukan dari Jalur Gaza,mencabut blokade,dan membuka perbatasan. Kami tidak akan menerima kehadiran militer sepihak di Gaza,” ungkap Juru Bicara Hamas Fawzi Barhum. Pernyataan Hamas tersebut langsung ditanggapi Israel.

Sementara Perdana Menteri Israel Ehud Olmert Sabtu malam lalu menawarkan sebuah perjanjian gencatan senjata. Olmert menjanjikan penarikan pasukan Israel dari Gaza dengan syarat Hamas bersedia menerima usulan gencatan senjata.

“Israel tidak akan menarik semua pasukannya sampai Hamas menghentikan tembakan. Militer kami akan membalas sejumlah serangan roket terhadap para tentara dan wilayah perbatasan,” ungkap Olmert. Sayangnya, gencatan senjata yang diumumkan Olmert tersebut masih rapuh. Beberapa jam setelah pengumuman tersebut tentara Israel dan pejuang Hamas terlibat kembali dalam baku tembak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s