Inggris Mulai Gunakan Open Source di Pemerintahan

Posted: 27 Februari 2009 in Blogroll
Tag:, , ,

Perlahan tapi pasti, sistem komputer berbasis pada open source mulai dilirik oleh pemerintah. Setelah Departemen pertahanan Amerika� Serikat (AS) mulai menggunakan software Free Open Source, kali ini, Inggris yang bakal menerapkan open source di sistem komputer pemerintahan mereka.

Negara Ratu Elizabeth II itu, memastikan kalau layanan di sektor publik akan menggunakan software open source. Menurut Tom Watson, Menteri Teknologi Inggris, negaranya akan sangat diuntungkan dalam menggunakan sistem ini. Selain dapat meningkatkan akselerasi, OS dapat menghemat keuangan.

“Pada kenyataannya, industri open source mampu menghemat keuangan negara hingga 600 juta poundsterling. Bisa dikatakan, menggunakan OS adalah pembelian terbaik,” jelas Watson seperti yang dikutip Pocket Link, Kamis (26/2/2009).

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan sistem ini akan dibenamkan diseluruh jaringan komputer di pemerintahan Inggris. Watson menambahkan, yang jelas OS akan di-plot untuk membangun infrastruktur data yang ada.

Sebelumnya, beberapa penggiat open source di Amerika Serikat nampak serius berkembang di negaranya. Sebuah surat pun dikirimkan ke Presiden Barack Obama, agar menyukseskan open source dengan memulainya di lingkup pemerintahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s