Paleotsunami Bisa Ramalkan Kapan Tsunami Kembali Terjadi

Posted: 14 Juli 2009 in Blogroll

Penelitian paleotsunami (tsunami purba) atau tsunami zaman dulu diperkirakan dapat meramalkan kapan tsunami kembali terjadi. “Dari lapisan-lapisan paleotsunami, peneliti bisa tahu kapan tsunami itu pernah terjadi dan ada kecenderungan berulang sehingga bisa diperkirakan kapan kemungkinan bencana alam serupa terjadi lagi,” kata Irina Rafliana dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Banda Aceh, Selasa (14/7).

Dia mencontohkan seperti tsunami yang pernah terjadi di kepulauan Nikobar pada 1874 dengan siklus selama 38 tahun dan di Andaman pada 1881 siklusnya antara 60-61 tahun. “Kita tidak tahu kapan pastinya tsunami terjadi. Meskipun ada ramalan-ramalan yang mengatakan bahwa tsunami akan terjadi, memang benar, tapi tidak bisa dikatakan kapan pastinya terjadi,” tambahnya.

Dia menjelaskan, para peneliti pernah menemukan lapisan pasir pada daerah di pedalaman Thailand. Setelah diteliti endapannya sama dengan tsunami 2004. Diperkirakan di daerah itu sebelumnya juga pernah terjadi tsunami.

Kemungkinan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 juga akan kembali terjadi. Namun, tidak diketahui kapan kepastiannya. Di Aceh sendiri tsunami juga pernah terjadi di Simeulue sebelum tahun 2004, sehingga di daerah tersebut memiliki kearifan lokal yang disebut “smong”.

Karena kearifan lokal tsunami yang dikenal masyarakat Simeulue itulah maka saat tsunami 2004 terjadi hanya tiga warga yang menjadi korban jiwa. Karena saat gempa bumi warga langsung menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi.

Ia mengatakan, masyarakat yang tinggal di kawasan Samudera Hindia perlu meningkatkan kewaspadaan karena berada di jalur yang rawan gempa bumi dan tsunami. Meskipun pusat gempa bumi jauh dari Aceh, namun perlu tetap waspada karena kawasan Samudera Hindia tetap terkena dampaknya, seperti saat tsunami 2004.

Sumber: Metrotvnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s